Selasa, 25 November 2014

  1. Jenis - Jenis Deklarasi pada Turbo Pascal
a)      Deklarasi Variable (VAR)
Deklarasi Variable adalah suatu deklarasi yang nilainya sudah pasti, dengan kata lain Deklarasi jenis ini tidak dapat diubah lagi. Deklarasi ini dapat diartikan pemesanan tempat dalam memory komputer dan penentuan jenis data disimpan didalamnya. Kata cadang 'VAR' digunakan sebagai judul di dalam bagian deklarasi variable dan diikuti oleh kata daftar variabel dapat berupa satu atau sejumlah variabel dan jika lebih dari variabel antara variabel dengan variabel lainnya dipisahkan dengan tanda koma (,) diikuti dengan tanda titik dua (:) dan tipe datanya diakhiri tanda titik koma (;)
Bentuknya "VAR" digunakan untuk mendeklarasikan suatu variabel. Variabel yang dideklarasikan harus memiliki tipe data tertentu.
Bentuknya:
VAR
Daftar_Variable_1:tipe_1
.
.
Daftar_Variable_n:tipe_n
Contoh:
VAR
TotBayar,Beli,Diskon,Real;
Keterangan:String[25];
Begin
Beli:=100000;
Diskon:=0.20*Beli;
TotBayar:=Beli-Diskon;
Keterangan:='Pelanggan'
WriteLn('Pembelian:Rp',Beli);
WriteLn('Diskon:Rp',Diskon);
WriteLn('Total bayar:Rp',TotBayar);
WriteLn('Keterangan:Rp',Keterangan);
End
Hasil:
Pembelian:100000.00
Diskon:20000.00
Total bayar:80000.00
Keterangan:Pelanggan
b)      Deklarasi Konstanta(CONST)
Digunakan untuk mendefinisikan 'nama konstanta'yang akan digunakan dalam program. Const digunakan untuk mendeklarasikan suatu konstan. Konstan merupakan suatu keyword yang memiliki nilai tertentu dan nilainya tidak berubah di dalam program. Misalnya kita hanya mendeklarasikan jenis dari data yang harus dikerjakan, sedangkan pada Deklarasi Konstanta kita langsung menyebutkan nilainya. Deklarasi Konstanta tidak menggunakan tanda titik dua (:) seperti pada Deklarsi variable tetapi menggunakan tanda sama dengan (=)
Contoh program yang menggunakan Deklarasi Konstanta:
Bentuk(Konstanta tidak bertipe)
CONST
Pengenal_1=Konstanta_1;
.
.
Pengenal_n=Konstanta_n;
Contoh
CONST
Diskon=0.20;
Beli=1000;
Toko='PT.TEKNIK KOMPUTER'
Contoh diatas mendefinisikan = diskon sebesar 20% dengan jumlah pembelian sebesar 1000 pada PT.TEKNIK KOMPUTER
Selama didalam program nilai diatas tidak dapat diubah. Konstanta ini berguna jika memang mengharapkan suatu pengenal akan 'bernilai tetap' selama program berjalan.
Bentuk(konstanta bertipe):
CONST
Pengenal_1=tipe_1=konstanta_1;
Pengenal_n=tipe_n=konstanta_n;
Contoh:
CONST
Diskon=0.20;
Beli=1000;
Toko='PT.TEKNIK KOMPUTER'
Konstanta bertipe dianalogikan dengan 'variabel' yang diberi nilai awal dan nilainya juga dapat diubah dalam bagian 'pernyataan'
Contoh:
CONST
Diskon=0.20;
Beli=1000;
Toko='PT.TEKNIK KOMPUTER';
Begin
WriteLn('Diskon:',Diskon);
WriteLn('Beli:',Beli);
WriteLn('Toko:',Toko);
End
Hasil eksekusi:
Diskon:0.20
Pembelian:1000
Toko:PT.TEKNIK KOMPUTER
Artinya dalam program tadi terdapat tiga (3) konstanta. Nilai konstanta tersebut ditampilkan dengan pernyataan 'WriteLn'.
c)       Deklarasi Tipe Data (TYPE)
Digunakan untuk mendefinisikan nama tipe data baru, yang diawali dengan kata terkadang 'TYPE' juga digunakan untuk mendeklarasikan suatu tipe data baru dari tipe data yang sudah ada sebelumnya. Berguna ketika harus menggunakan pointer.
Bentuk:
TYPE
Pengenal_1=tipe_1
.
.
Pengenal_n=tipe_n;
Contoh:
TYPE
Bil=integer;
Kar=Char;
Mengidentifikasikan identifier Bil dan tipe Integer dan Kar dengan tipe Char.
d)     Deklarasi Label (LABEL)
Deklarasi label adalah suatu deklarasi yang digunakan untuk memberi tanda  pada program agar program dapat berpindah atau meloncat pada tanda yang ditentukan. Deklarasi ini mirip dengan bahasa PEMROGRAMAN BASIC yang menggunakan NOMOR BARIS untuk berpindah dari baris ke baris. Penulisan Deklarasi label ini harus menggunakan perintah LABEL yang dipisahkan dengan tanda koma ( , ). Deklarasi ini menyatakan lokasi tempat pernyataan yang dituju oleh pernyataan GOTO dalam program. Dalam pascal, semua label yang akan digunakan dalam program harus dideklarasikan dalam deklarasi label. Label digunakan bersamaan dengan keyword GOTO.
Contoh deklarasi Label:
Bentuknya :
Label
Dasar-Label :
Label
100, selesai :
Menyatakan ada 2 buah label dalam program yaitu 100 dan selesai.
Program Contoh- label :
Label
100, selesai;
Begin
Writeln ('Bahasa Pemrograman');
GOTO 100;
WriteLn ('Visual Basic');
WriteLn ('Visual Foxpro');
100:
WriteLn ('Turbo Pascal');
GOTO selesai;
WriteLn ('Delphi');
Selesai;
Readln;
End
e)      Deklarasi Sub-Program (PROCEDURE dan FUNCTION)
Deklarasi prosedur adalah sebuah deklarasi yang dibuat dalam program agar bisa digunakan lagi dalam program, jadi deklarasi prosedur merupakan sebuah SUB PROGRAM yang bisa dipanggil sewaktu-waktu dalam program bila dibutuhkan. Dalam sebuah program yang terstruktur, Deklarasi Prosedur ini sangat dibutuhkan agar program menjadi lebih simpel. misalkan ada sebuah proses yang harus dikerjakan berulang kali untuk menampilkan kata, maka dalam program yang terstruktur kata tersebut disimpan dalam sebuah prosedur yang dapat dipanggil lagi dimanapun kata tersebut diperlukan.
Contoh program Deklarasi Sub-Program
uses crt;

{ini adalah prosedur}

Procedure s;
 begin
  write('saipul');
 end;

{akhir prosedur}

{program utama}

 begin
  clrscr;
  s;   { prosedur yang dipanggil }

  WriteLn(' adalah suatu organisasi yang menghimpun');
  writeLn('orang-orang yang mempunyai minat sama.');
  writeLn;

  s;   { prosedur yang dipanggil }

  writeLn(' juga merupakan sebuah kelompok belajar.');
  writeLn;
  writeLn('Tekan Enter untuk keluar...');
  readLn;
end.
{akhir program utama}
f)       Deklarasi Fungsi(Function Declarate)
Deklarasi fungsi adalah deklarasi gabungan antara deklarasi Prosedur, type dan variabel. Kumpulan deklarasi ini disediakan oleh pascal untuk mempermudah dalam penyusunan program sehingga berbentuk sebuah fungsi. Pada sebuah fungsi komponen-komponen dari ketiga deklarasi tersebut dijadikan satu kesatuan yang dapat digunakan pada program yang majemuk. Adapun tata cara penulisan deklarasi fungsi adalah sebagai berikut :
Tata Cara Penulisan Deklarasi Fungsi
Dari ketiga deklarasi yang telah diuraikan sebelumnya dijadikan satu kesatuan yang lebih simple dan praktis.
{ Program contoh Deklarasi fungsi}

Function Hasil(A,B,C : longint) : longint;
Begin
    Hasil  :=  A*A+B*B+C;
  end;

   Var X,Y,Z : longint;
    Begin
          WriteLn('Hasil dari X^2 + Y^2 + Z adalah..?');
          Write('Jika Nilai  X = ');ReadLn(X);
          Write('Dan Nilai   Y = ');ReadLn(Y);
          Write('Serta Nilai Z = ');ReadLn(Z);
          Write('Maka Hasil dari X^2 + Y^2 + Z');
          WriteLn(' adalah : ',Hasil(X,Y,Z);
          {Hasil - adalah nama fungsi yang dipanggil}
          WriteLn;
          WriteLn('spirit');
          ReadLn;
end.
Fungsi yang dinyatakan dengan variabel - variabel A,B,C bisa berhubungan dengan variabel X,Y, dan Z karena baris program WriteLn(‘ adalah :,Hasil(X,Y,Z); dengan mengganti variabelnya dengan A,B dan C kemudian di RUN lagi, maka COMPILER PASCAL akan mengeluarkan peringatan bahwa variabel A,B,dan C tidak diketahui identitasnya (Unknow Identifier), sebab A,B dan C tidak bernilai. Kalau diterjemahkan Hasil(X,Y,Z) adalah : Kerjakan Nilai yang ada dalam kurung, yang nilainya dimasukan melalui input keyboard dengan operasi Hasil , Dimana operasi tersebut adalah A*A+B*B+C dengan A sebesar X, B sebesar Y, dan C sebesar Z.

  1. Beberapa Jenis Statement pada Turbo Pascal
a)      Statement untuk input/output
#Read/Read ln [Prosedure]
Perintah ini digunakan untuk memasukkan [input] data lewat keyboard kedalam suatu variable.
Sintaks: Read/Read ln (x);(ingat selalu diakhiri dengan titik koma [;])
Keterangan:x=Variable
Read= pada statement ini posisi kursor tidak pindah ke baris selanjutnya
Read ln= pada statement ini posisi kursor akan pindah ke baris selanjutnya setelah di input
#Readkey [Fungsi]
Untuk pembacaan sebuah karakter dari keyboard. Tipe data yang dihasilkan adalah Char Sintaks:Readkey;
#Write/Write ln [Procedure]
Digunakan untuk menampilkan isi dari suatu nilai variable di layar.
Sintaks: Write/Write ln (x);
Keterangan : x = variable
Write/Write ln= statement ini digunakan untuk mencetak varible ke dalam monitor.
b)  Statement-statement yang digunakan untuk pengaturan letak layar.
#Clscr[procedure]
Perintah ini digunakan untuk membersihkan layar.
Sintaks: Clrscl;..[Clear Screen]
#Goto XY[Prosedure]
Untuk menempatkan posisi kursor pada layar
Sintaks:Goto XY (X,Y:byte);
Keterangan:X=sumbuX(posisi horisontal)
Y=sumbuY(sumbu vertikal)
#Delline[prosedure]
Untuk menghapus sebuah baris pada posisi kursor dan menaikkan baris-baris dibawahnya.
Sintaks:Delline;
#Inslie[prosedure]
Untuk menyisipkan sebuah baris pada posisi kursor dan menggeser ke bawah tampilan-tampilan baris di bawahnya.
#Delay[prosedure]
Untuk menghentikan sejenak proses program.
Sintaks : Delay(MS:Word);
Keterangan : Variable MS = ukuran dalam milisecond.
c)  Statement yang digunakan untuk memanipulasi string
#Concat[fungsi]
Untuk menggabungkan dua(2) atau  beberapa variable string
Sintaks Concat(S1[,S2,....,Sn]:String):string;
#Copy[fungsi]
Mengambil satu atau beberapa karakter dari sebuah string
Sintaks:Copy(S,Index.Colunt):string;
Keterangan:
S=Sebuah string
Index = posisi awal kita akan mengambil beberapa karakter (integer)
Count = banyaknya karakter yang akan diambil
#Delete[prosedure]
Menghapus sebagian karakter dari sebuah string
#Insert[prosedure]
Menyisipkan satu atau beberapa karakter ke dalam sebuah string
#Length[fungsi]
Memberikan nilai panjang dari suatu string(jumlah karakter dalam string)
#Pos[fungsi]
Mencari posisi sebuah bagian string (substring) di dalam sebuah string
#Str[prosedure]
Merubah nilai numerik ke dalam nilai string
Sintaks:Str(N,S);
Keterangan:
N:data dari tipe integer
S: data dari tipe string
#Val [prosedur]
Merubah nilai string ke dalam nilai numerik.
UpCase [fungsi]
Memberikan huruf kapital dari argumen.
#Abs [fungsi]
Memberikan nilai mutlak dari suatu argumen.
#ArcTan[fungsi]
Memberikan nilai dari fungsi arctangent dari perhitungan goniometri.
#Cos [fungsi]
Memberikan nilai dari fungsi Cosinus.
#Exp [fungsi]
Menghitung nilai pangkat dari bilangan e (bilangan alam), yaitu sebesar x.
#Frac [fungsi]
Untuk mendapatkan nilai pecahan dari suatu bilangan.
#Int [fungsi]
Memberikan nilai integer (bilangan bulat) dari suatu variabel dengan membuang bilangan di belakang koma.
#Ln [fungsi]
Digunakan untuk menghitung nilai logaritma alam (natural logarithm) dari nilai x.
  1. . Tipe data Numeric/Number terbagi menjadi 2 bagian antara lain :
·         Tipe Bilangan Bulat
Adalah tipe bilangan yang hanya dapat menampung data bernilai positif, negatif dan nol ( 0 ). Dalam tipe bilangan bulat terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan rentang datanya.
Tipe Data
Ukuran (bit)
Range
Byte
8
-128 s.d. 127
Short
16
-32768 s.d. 32767
Int
32
-2147483648 s.d. 2147483647
Long
64
-9223372036854775808  s.d. 9223372036854775807

·         Tipe Bilangan Pecahan
Adalah tipe bilangan yang hanya dapat menampung data bernilai positif, negatif, nol, yang bernilai pecahan. Dalam tipe bilangan pecahan ini terbagi menjadi beberapa golongan berdasarkan rentang datanya.

Tipe
Ukuran
Range
Presisi (jumlah digit)
bytes
bit
Float
4
32
+/- 3.4 x 1038
6-7
double
8
64
+/- 1.8 x 10308
15



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda