- Jenis
- Jenis Deklarasi pada Turbo Pascal
a)
Deklarasi
Variable (VAR)
Deklarasi
Variable adalah suatu deklarasi yang nilainya sudah pasti, dengan kata lain Deklarasi
jenis ini tidak dapat diubah lagi. Deklarasi ini dapat diartikan pemesanan
tempat dalam memory komputer dan penentuan jenis data disimpan didalamnya. Kata
cadang 'VAR' digunakan sebagai judul di dalam bagian deklarasi variable dan
diikuti oleh kata daftar variabel dapat berupa satu atau sejumlah variabel dan
jika lebih dari variabel antara variabel dengan variabel lainnya dipisahkan
dengan tanda koma (,) diikuti dengan tanda titik dua (:) dan tipe datanya
diakhiri tanda titik koma (;)
Bentuknya
"VAR" digunakan untuk mendeklarasikan suatu variabel. Variabel yang
dideklarasikan harus memiliki tipe data tertentu.
Bentuknya:
VAR
Daftar_Variable_1:tipe_1
.
.
Daftar_Variable_n:tipe_n
Contoh:
VAR
TotBayar,Beli,Diskon,Real;
Keterangan:String[25];
Begin
Beli:=100000;
Diskon:=0.20*Beli;
TotBayar:=Beli-Diskon;
Keterangan:='Pelanggan'
WriteLn('Pembelian:Rp',Beli);
WriteLn('Diskon:Rp',Diskon);
WriteLn('Total
bayar:Rp',TotBayar);
WriteLn('Keterangan:Rp',Keterangan);
End
Hasil:
Pembelian:100000.00
Diskon:20000.00
Total
bayar:80000.00
Keterangan:Pelanggan
b)
Deklarasi
Konstanta(CONST)
Digunakan
untuk mendefinisikan 'nama konstanta'yang akan digunakan dalam program. Const
digunakan untuk mendeklarasikan suatu konstan. Konstan merupakan suatu keyword
yang memiliki nilai tertentu dan nilainya tidak berubah di dalam program.
Misalnya kita hanya mendeklarasikan jenis dari data yang harus dikerjakan,
sedangkan pada Deklarasi Konstanta kita langsung menyebutkan nilainya.
Deklarasi Konstanta tidak menggunakan tanda titik dua (:) seperti pada Deklarsi
variable tetapi menggunakan tanda sama dengan (=)
Contoh
program yang menggunakan Deklarasi Konstanta:
Bentuk(Konstanta
tidak bertipe)
CONST
Pengenal_1=Konstanta_1;
.
.
Pengenal_n=Konstanta_n;
Contoh
CONST
Diskon=0.20;
Beli=1000;
Toko='PT.TEKNIK
KOMPUTER'
Contoh
diatas mendefinisikan = diskon sebesar 20% dengan jumlah pembelian sebesar 1000
pada PT.TEKNIK KOMPUTER
Selama
didalam program nilai diatas tidak dapat diubah. Konstanta ini berguna jika
memang mengharapkan suatu pengenal akan 'bernilai tetap' selama program
berjalan.
Bentuk(konstanta
bertipe):
CONST
Pengenal_1=tipe_1=konstanta_1;
Pengenal_n=tipe_n=konstanta_n;
Contoh:
CONST
Diskon=0.20;
Beli=1000;
Toko='PT.TEKNIK
KOMPUTER'
Konstanta
bertipe dianalogikan dengan 'variabel' yang diberi nilai awal dan nilainya juga
dapat diubah dalam bagian 'pernyataan'
Contoh:
CONST
Diskon=0.20;
Beli=1000;
Toko='PT.TEKNIK
KOMPUTER';
Begin
WriteLn('Diskon:',Diskon);
WriteLn('Beli:',Beli);
WriteLn('Toko:',Toko);
End
Hasil
eksekusi:
Diskon:0.20
Pembelian:1000
Toko:PT.TEKNIK
KOMPUTER
Artinya
dalam program tadi terdapat tiga (3) konstanta. Nilai konstanta tersebut
ditampilkan dengan pernyataan 'WriteLn'.
c)
Deklarasi Tipe Data (TYPE)
Digunakan
untuk mendefinisikan nama tipe data baru, yang diawali dengan kata terkadang 'TYPE'
juga digunakan untuk mendeklarasikan suatu tipe data baru dari tipe data yang
sudah ada sebelumnya. Berguna ketika harus menggunakan pointer.
Bentuk:
TYPE
Pengenal_1=tipe_1
.
.
Pengenal_n=tipe_n;
Contoh:
TYPE
Bil=integer;
Kar=Char;
Mengidentifikasikan
identifier Bil dan tipe Integer dan Kar dengan tipe Char.
d)
Deklarasi Label
(LABEL)
Deklarasi
label adalah suatu deklarasi yang digunakan untuk memberi tanda pada program agar program dapat berpindah atau
meloncat pada tanda yang ditentukan. Deklarasi ini mirip dengan bahasa
PEMROGRAMAN BASIC yang menggunakan NOMOR BARIS untuk berpindah dari baris ke
baris. Penulisan Deklarasi label ini harus menggunakan perintah LABEL yang
dipisahkan dengan tanda koma ( , ). Deklarasi ini menyatakan lokasi tempat
pernyataan yang dituju oleh pernyataan GOTO dalam program. Dalam pascal, semua
label yang akan digunakan dalam program harus dideklarasikan dalam deklarasi
label. Label digunakan bersamaan dengan keyword GOTO.
Contoh
deklarasi Label:
Bentuknya :
Label
Dasar-Label
:
Label
100,
selesai :
Menyatakan
ada 2 buah label dalam program yaitu 100 dan selesai.
Program
Contoh- label :
Label
100,
selesai;
Begin
Writeln
('Bahasa Pemrograman');
GOTO 100;
WriteLn
('Visual Basic');
WriteLn
('Visual Foxpro');
100:
WriteLn
('Turbo Pascal');
GOTO
selesai;
WriteLn
('Delphi');
Selesai;
Readln;
End
e)
Deklarasi
Sub-Program (PROCEDURE dan FUNCTION)
Deklarasi
prosedur adalah sebuah deklarasi yang dibuat dalam program agar bisa digunakan
lagi dalam program, jadi deklarasi prosedur merupakan sebuah SUB PROGRAM yang
bisa dipanggil sewaktu-waktu dalam program bila dibutuhkan. Dalam sebuah
program yang terstruktur, Deklarasi Prosedur ini sangat dibutuhkan agar program
menjadi lebih simpel. misalkan ada sebuah proses yang harus dikerjakan berulang
kali untuk menampilkan kata, maka dalam program yang terstruktur kata tersebut
disimpan dalam sebuah prosedur yang dapat dipanggil lagi dimanapun kata
tersebut diperlukan.
Contoh
program Deklarasi Sub-Program
uses crt;
{ini adalah
prosedur}
Procedure
s;
begin
write('saipul');
end;
{akhir
prosedur}
{program
utama}
begin
clrscr;
s; {
prosedur yang dipanggil }
WriteLn(' adalah suatu organisasi yang
menghimpun');
writeLn('orang-orang yang mempunyai minat
sama.');
writeLn;
s; {
prosedur yang dipanggil }
writeLn(' juga merupakan sebuah kelompok
belajar.');
writeLn;
writeLn('Tekan Enter untuk keluar...');
readLn;
end.
{akhir
program utama}
f)
Deklarasi
Fungsi(Function Declarate)
Deklarasi
fungsi adalah deklarasi gabungan antara deklarasi Prosedur, type dan variabel.
Kumpulan deklarasi ini disediakan oleh pascal untuk mempermudah dalam
penyusunan program sehingga berbentuk sebuah fungsi. Pada sebuah fungsi
komponen-komponen dari ketiga deklarasi tersebut dijadikan satu kesatuan yang
dapat digunakan pada program yang majemuk. Adapun tata cara penulisan deklarasi
fungsi adalah sebagai berikut :
Tata
Cara Penulisan Deklarasi Fungsi
Dari
ketiga deklarasi yang telah diuraikan sebelumnya dijadikan satu kesatuan yang
lebih simple dan praktis.
{ Program
contoh Deklarasi fungsi}
Function
Hasil(A,B,C : longint) : longint;
Begin
Hasil
:= A*A+B*B+C;
end;
Var X,Y,Z : longint;
Begin
WriteLn('Hasil dari X^2 + Y^2 + Z
adalah..?');
Write('Jika Nilai X = ');ReadLn(X);
Write('Dan Nilai Y = ');ReadLn(Y);
Write('Serta Nilai Z = ');ReadLn(Z);
Write('Maka Hasil dari X^2 + Y^2 +
Z');
WriteLn(' adalah : ',Hasil(X,Y,Z);
{Hasil - adalah nama fungsi yang
dipanggil}
WriteLn;
WriteLn('spirit');
ReadLn;
end.
Fungsi
yang dinyatakan dengan variabel - variabel A,B,C bisa berhubungan dengan
variabel X,Y, dan Z karena baris
program WriteLn(‘ adalah :,Hasil(X,Y,Z); dengan mengganti variabelnya dengan
A,B dan C kemudian di RUN lagi, maka COMPILER PASCAL akan mengeluarkan
peringatan bahwa variabel A,B,dan C tidak diketahui identitasnya (Unknow
Identifier), sebab A,B dan C tidak bernilai. Kalau diterjemahkan Hasil(X,Y,Z)
adalah : Kerjakan Nilai yang ada dalam kurung, yang nilainya dimasukan melalui
input keyboard dengan operasi Hasil , Dimana operasi tersebut adalah A*A+B*B+C
dengan A sebesar X, B sebesar Y, dan C sebesar Z.
- Beberapa
Jenis Statement pada Turbo Pascal
a)
Statement untuk
input/output
#Read/Read
ln [Prosedure]
Perintah
ini digunakan untuk memasukkan [input] data lewat keyboard kedalam suatu
variable.
Sintaks:
Read/Read ln (x);(ingat selalu diakhiri dengan titik koma [;])
Keterangan:x=Variable
Read=
pada statement ini posisi kursor tidak pindah ke baris selanjutnya
Read
ln= pada statement ini posisi kursor akan pindah ke baris selanjutnya setelah
di input
#Readkey
[Fungsi]
Untuk
pembacaan sebuah karakter dari keyboard. Tipe data yang dihasilkan adalah Char
Sintaks:Readkey;
#Write/Write
ln [Procedure]
Digunakan
untuk menampilkan isi dari suatu nilai variable di layar.
Sintaks:
Write/Write ln (x);
Keterangan
: x = variable
Write/Write
ln= statement ini digunakan untuk mencetak varible ke dalam monitor.
b) Statement-statement yang digunakan untuk
pengaturan letak layar.
#Clscr[procedure]
Perintah
ini digunakan untuk membersihkan layar.
Sintaks:
Clrscl;..[Clear Screen]
#Goto
XY[Prosedure]
Untuk
menempatkan posisi kursor pada layar
Sintaks:Goto
XY (X,Y:byte);
Keterangan:X=sumbuX(posisi
horisontal)
Y=sumbuY(sumbu
vertikal)
#Delline[prosedure]
Untuk
menghapus sebuah baris pada posisi kursor dan menaikkan baris-baris dibawahnya.
Sintaks:Delline;
#Inslie[prosedure]
Untuk
menyisipkan sebuah baris pada posisi kursor dan menggeser ke bawah
tampilan-tampilan baris di bawahnya.
#Delay[prosedure]
Untuk
menghentikan sejenak proses program.
Sintaks
: Delay(MS:Word);
Keterangan
: Variable MS = ukuran dalam milisecond.
c) Statement yang digunakan untuk memanipulasi
string
#Concat[fungsi]
Untuk
menggabungkan dua(2) atau beberapa
variable string
Sintaks
Concat(S1[,S2,....,Sn]:String):string;
#Copy[fungsi]
Mengambil
satu atau beberapa karakter dari sebuah string
Sintaks:Copy(S,Index.Colunt):string;
Keterangan:
S=Sebuah
string
Index
= posisi awal kita akan mengambil beberapa karakter (integer)
Count
= banyaknya karakter yang akan diambil
#Delete[prosedure]
Menghapus
sebagian karakter dari sebuah string
#Insert[prosedure]
Menyisipkan
satu atau beberapa karakter ke dalam sebuah string
#Length[fungsi]
Memberikan
nilai panjang dari suatu string(jumlah karakter dalam string)
#Pos[fungsi]
Mencari
posisi sebuah bagian string (substring) di dalam sebuah string
#Str[prosedure]
Merubah
nilai numerik ke dalam nilai string
Sintaks:Str(N,S);
Keterangan:
N:data
dari tipe integer
S:
data dari tipe string
#Val
[prosedur]
Merubah
nilai string ke dalam nilai numerik.
UpCase
[fungsi]
Memberikan
huruf kapital dari argumen.
#Abs
[fungsi]
Memberikan
nilai mutlak dari suatu argumen.
#ArcTan[fungsi]
Memberikan
nilai dari fungsi arctangent dari perhitungan goniometri.
#Cos
[fungsi]
Memberikan
nilai dari fungsi Cosinus.
#Exp
[fungsi]
Menghitung
nilai pangkat dari bilangan e (bilangan alam), yaitu sebesar x.
#Frac
[fungsi]
Untuk
mendapatkan nilai pecahan dari suatu bilangan.
#Int
[fungsi]
Memberikan
nilai integer (bilangan bulat) dari suatu variabel dengan membuang bilangan di
belakang koma.
#Ln
[fungsi]
Digunakan
untuk menghitung nilai logaritma alam (natural logarithm) dari nilai x.
- .
Tipe data Numeric/Number terbagi menjadi 2 bagian antara lain :
·
Tipe Bilangan
Bulat
Adalah
tipe bilangan yang hanya dapat menampung data bernilai positif, negatif dan nol
( 0 ). Dalam tipe bilangan bulat terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan
rentang datanya.
Tipe
Data
|
Ukuran
(bit)
|
Range
|
Byte
|
8
|
-128 s.d.
127
|
Short
|
16
|
-32768
s.d. 32767
|
Int
|
32
|
-2147483648
s.d. 2147483647
|
Long
|
64
|
-9223372036854775808
s.d. 9223372036854775807
|
·
Tipe
Bilangan Pecahan
Adalah
tipe bilangan yang hanya dapat menampung data bernilai positif, negatif, nol,
yang bernilai pecahan. Dalam tipe bilangan pecahan ini terbagi menjadi beberapa
golongan berdasarkan rentang datanya.
Tipe
|
Ukuran
|
Range
|
Presisi
(jumlah digit)
|
|
bytes
|
bit
|
|||
Float
|
4
|
32
|
+/-
3.4 x 1038
|
6-7
|
double
|
8
|
64
|
+/-
1.8 x 10308
|
15
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda